Logo Bloomberg Technoz

Beredar Nama-nama Calon Pengganti Menpora Zainudin Amali

Ezra Sihite
10 March 2023 16:38

Gedung Kemenpora. (Dok. Kemenpora)
Gedung Kemenpora. (Dok. Kemenpora)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Setelah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengundurkan diri pada Kamis (9/3/2023), nama-nama figur yang disebut akan menjadi calon penggantinya mulai muncul. Pengganti Zainudin Amali yang memilih fokus menjadi wakil ketua umum (waketum) II Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) biasanya akan berasal dari partai yang sama yakni Partai Golkar. 

Koordinator Save Our Soccer Akmal Marhali mengatakan, biasanya menteri pengganti akan berasal dari partai yang sama karena memang berkaitan dengan "jatah" politik. Meskipun demikian menurut dia, kalau harus berpendapat maka sebaiknya menpora dari profesional agar tak digunakan untuk kepentingan politik.

"Artinya ini menteri kan jatah Golkar," kata Akmal saat dihubungi pada Jumat (10/3/2023).

Beredar sejumlah nama yang digadang-gadang dan disebutkan sudah diserahkan Partai Golkar. Akmal mengatakan, dia juga mendengar nama-nama calon menpora tersebut. Sejumlah nama itu antara lain anggota DPR RI Puteri Anetta Komarudin, Ketua Umum Pimpinan Pusat Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Ihlam Permana, Ketua Umum Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Dito Ariotedjo yang merupakan organisasi sayap Golkar. Belakangan nama-nama seperti politikus Golkar Ahmad Doli Kurnia, Melki Lakalena hingga Dave Laksono dan Maman Abdurahman juga mengemuka.

Dihubungi lewat pesan elektronik, Dito Ariotedjo mengatakan dia merasa bukan salah satu kandidat. Meskipun salah satu Tim Ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu tak membantah dengan gamblang.