Logo Bloomberg Technoz

Zulhas Pastikan HET Minyakita Segera Naik, Beras Selanjutnya?

Pramesti Regita Cindy
27 May 2024 10:30

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat peluncuran minyak goreng rakyat Minyakita pada 6 Juli 2022./dok. Biro Humas Kemendag
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat peluncuran minyak goreng rakyat Minyakita pada 6 Juli 2022./dok. Biro Humas Kemendag

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mensinyalir rencana kenaikan berbagai harga eceran tertinggi (HET) komoditas pangan —termasuk minyak goreng rakyat dan beras — merupakan hal yang tidak terhindarkan dalam waktu dekat.

Untuk wacana kenaikan HET minyak goreng rakyat atau yang lebih dikenal sebagai Minyakita, Zulhas —sapaan akrabnya — mengatakan sudah selayaknya harga naik setelah 2 tahun bertahan di level Rp14.000/liter.

“Kita memang akan membahas, karena semua sudah naik, jadi harus kita naikkan [HET Minyakita]. Mungkin beberapa waktu lagi lah. Tunggu nanti kalau ada rapat lagi di Kemenko [Perekonomian], kita bicarakan,” ujarnya di sela ekspose temuan Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) di bilangan Koja, Senin (27/5/2024).

Zulhas mengatakan kemungkinan harga eceran baru Minyakita akan dinaikkan menjadi sekitar Rp15.000—Rp15.500 per liter.

“Memang sudah layak [untuk naik harga] dia. Kan [harga Minyakita] sudah dua tahun Rp14.000/liter, [bisa naik] ke Rp15.000/liter atau Rp15.500/liter. Ini lagi diagendakan ya [penetapan HET yang baru],” ujarnya.

Mendag Zulkifli Hasan kunjungi gudang penyimpanan Minyakita PT Bina Karya Prima/BKP di Marunda, Jakarta, Selasa (7/2/2023). (Dok. Biro Humas Kemendag)