Logo Bloomberg Technoz

Kominfo: Starlink Bisa Layani Internet di Seluruh Indonesia

Redaksi
15 May 2024 16:05

Starlink. (Dok: X.com/Panji Gautama)
Starlink. (Dok: X.com/Panji Gautama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Starlink Indonesia akan segera menawarkan layanan jasa internet berbasis satelit orbit rendah (Low Earth Orbit/LEO) di seluruh Indonesia. Dalam waktu dekat Starlink Services Indonesia akan merilis layanannya secara resmi di Bali, pekan ini.

“Kalau sudah ada izin mereka sudah boleh jualan di seluruh Indonesia,” kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Wayan Toni Supriyanto, saat dihubungi, Rabu (15/5/2024).

Untuk diketahui, Starlink milik Space Exploration Technologies Corp (SpaceX), mendirikan entitas bisnis di Indonesia lewat PT Starlink Services Indonesia (SSI). Perusahaan telah mengantongi izin sebagai penyelenggara layanan Very Small Aperture Terminal (VSAT) dan Internet Service Provider (ISP).

Dia menambahkan bahwa Starlink Indonesia menggunakan jaringan VSAT milik perusahaan dengan cakupan di seluruh wilayah Indonesia.

“Perizinan penyelenggaraan jaringan tetap tertutup dengan teknologi VSAT telah didapat, PT Starlink Service Indonesia sudah bisa menyediakan layanan jartup VSAT di seluruh wilayah Indonesia,” jelas Toni.

Bongkar isi Starlink Kit.