Logo Bloomberg Technoz

ISIS Kembali Serang Mozambik, Proyek Gas Rp320 T Terancam

News
10 May 2024 20:00

Ilustrasi garis polisi. (Photo By RLTheis via Envato)
Ilustrasi garis polisi. (Photo By RLTheis via Envato)

Borges Nhamire dan Matthew Hill - Bloomberg News

Bloomberg, Pemberontak terkait ISIS menyerang kota Macomia di provinsi Cabo Delgado, Mozambik yang kaya gas. Serangan ini merupakan serangan paling berani dalam lebih dari tiga tahun.

Kekerasan tersebut adalah yang terbaru dalam rangkaian serangan sejak Desember. Ini menandakan peningkatan kerusuhan tepat ketika pemerintah Mozambik mendesak TotalEnergies SE untuk melanjutkan pengembangan proyek gas alam cair senilai US$20 miliar (atau setara Rp320 triliun) yang dibekukan pada tahun 2021. Kala itu, pemberontak menyerbu kota Palma di dekatnya dan menewaskan lebih dari 800 orang.

Para pemberontak menyerang Macomia sebelum fajar di dua medan perang, kata dua sumber, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya. Kantor berita Portugal, Lusa, melaporkan bahwa lebih dari 100 pejuang terlibat dalam serangan itu. Gubernur Cabo Delgado, Valige Tauabo, tidak segera menanggapi panggilan dan pesan teks yang meminta komentar.

Macomia - sekitar 160 kilometer selatan dari tempat TotalEnergies berencana membangun fasilitas ekspor gasnya - strategis karena terletak di sepanjang jalan raya utama yang menghubungkan ibu kota provinsi Pemba dengan utara. Ini juga tempat di mana ratusan tentara dari Afrika Selatan ditempatkan sejak mereka dikirim untuk membantu Mozambique melawan pemberontak pada 2021, sebagai bagian terbesar dari pengerahan pasukan regional.