Logo Bloomberg Technoz

AS Disebut Berniat Isolasi China Dengan Bantuan Sekutu

News
10 April 2024 12:20

Bendera Amerika Serikat dan China. (Sumber: Bloomberg)
Bendera Amerika Serikat dan China. (Sumber: Bloomberg)

Mia Glass - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintahan Presiden Joe Biden ingin membalikkan upaya China yang ingin mengisolasi negara-negara di Asia termasuk Filipina dengan bantuan Jepang dan sekutu-sekutu lainnya di kawasan ini. Hal ini diungkapkan Duta Besar AS untuk Jepang, Rahm Emanuel.

"Strategi kami adalah membalikkan skenario itu, dan membuat pihak yang terisolasi menjadi China," kata Rahm Emanuel di Washington menjelang pertemuan puncak antara Biden dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Pertemuan tersebut, yang merupakan bagian dari kunjungan resmi pertama seorang pemimpin Jepang ke AS dalam hampir satu dekade, terjadi pada saat yang kritis dalam hubungan bilateral. Kedua negara berusaha untuk meningkatkan kerja sama keamanan di wilayah Indo-Pasifik karena China mengambil sikap yang semakin tegas atas perairan yang disengketakan di Laut Cina Selatan.

Joe Biden menyapa Fumio Kishida di Gedung Putih pada 9 April 2024./Fotografer: Anna Moneymaker.

Kedua pemimpin ini akan mengadakan pertemuan trilateral yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. pada Kamis (11/4/2024) guna membahas peningkatan kerja sama tiga arah di bidang-bidang strategis termasuk keamanan, teknologi yang sedang berkembang, dan rantai pasokan.