Logo Bloomberg Technoz

Trump Sulit Galang Dana Kampanye, Bergantung pada Miliarder

News
04 April 2024 15:50

Donald Trump (Sumber: Bloomberg)
Donald Trump (Sumber: Bloomberg)

Bill Allison dan Stephanie Lai - Bloomberg News

Bloomberg, Donald Trump terpaksa bergantung pada kelompok orang kaya dan elit karena acara-acara kampanyenya gagal mengumpulkan sumbangan kecil yang cukup untuk mendanai kampanyenya.

Sebuah acara pada Sabtu (06/04/2024) di Palm Beach yang diselenggarakan oleh miliarder John Paulson diperkirakan akan menghasilkan US$30 juta untuk Trump dari para kontributor yang menulis cek senilai enam digit. Hal itu kemungkinan besar akan melampaui hasil dari sejumlah pendukung setia yang kurang kaya yang ditemui oleh mantan presiden tersebut pada Selasa (02/04/2024) malam di Wisconsin.

Perbedaan tersebut menyoroti realitas yang tajam bagi calon presiden dari Partai Republik ini. Acara-acara kampanyenya, yang tidak menghasilkan peningkatan dana seperti dulu, tidak lagi berpengaruh pada upaya lain untuk mempersempit keuntungan sumbangan besar yang dinikmati oleh Presiden Joe Biden.

Menurut analisis Bloomberg News menggunakan data Komisi Pemilihan Umum Federal, pada 2019, acara-acara kampanye Trump menghasilkan rata-rata peningkatan dana sebesar 38% dari wilayah sekitarnya dalam seminggu menjelang acara tersebut.