Logo Bloomberg Technoz

Kali ini, masa-masa terbaik bagi Trump untuk mengumpulkan dana kampanye datang dari pesan teks dan email kepada segelintir donatur setia, setelah Trump menghadapi momen-momen penting dalam kasus-kasus pidana dan perdatanya. Total yang lebih besar berasal dari pertemuan-pertemuan yang lebih eksklusif seperti yang direncanakan akhir pekan ini, ketika manajer dana lindung Paulson akan menjadi tuan rumah bagi para donor berkantong tebal.

Jadi, meskipun dramatisasi dari acara kampanye terbaru Trump masih sama seperti sebelumnya - dengan lagu "God Bless the USA" berkumandang dari speaker, pernyataan yang berisi keluhan, julukan yang merendahkan - masalah keuangan memaksa dia untuk lebih bersikap hati-hati tentang kapan dan di mana untuk menggelar kampanye.

Tempo Lebih Lambat

Saat Trump memulai pemilihan umum terpanjang dalam sejarah baru-baru ini, kampanyenya telah beralih ke tempo yang lebih lambat. Menurut penasihat senior Trump, Chris LaCivita kepada wartawan bulan lalu, dia hanya menggelar kampanye satu kali seminggu setidaknya hingga awal musim panas. 

Sejak Super Tuesday, Trump hanya menjadi tuan rumah bagi kampanye yang dihadiri beberapa ribu peserta di Georgia dan muncul sebagai pembicara tamu khusus di Ohio, hingga kampanyenya berhenti di Midwest pada hari Selasa.

Menurut seseorang yang akrab dengan acara-acara tersebut, kampanye Trump bisa menelan biaya hingga US$500.000 per acara. Seorang ajudan Trump mengatakan biaya kampanye bervariasi berdasarkan ukuran dan lokasi.

Tim kampanyenya telah memantau dengan cermat pengeluarannya kali ini, memilih tempat yang lebih kecil untuk menurunkan biaya dan menjaga jumlah stafnya pada tingkat yang lebih rendah daripada tahun 2020. Hal ini menyoroti dilema keuangan yang dihadapi Trump setelah pemilu pendahuluan yang panjang dan biaya hukum yang meningkat.

Biden tertinggal dari Trump dalam banyak jajak pendapat, tetapi memiliki dana kampanye puluhan juta dolar lebih banyak. Sehingga, dapat memberi sumber daya bagi Partai Demokrat untuk melakukan siaran langsung dan menempatkan staf di lapangan di negara-negara bagian utama.

Dinamika tersebut membuat peran kedua kandidat tersebut seperti terbalik. Biden tidak banyak melakukan kampanye untuk pemilu pendahuluan. Sedangkan jadwal Trump penuh. Dia pernah mengadakan empat kampanye dalam empat hari untuk menangkal para rival.

Pidato Singkat

Pada hari Kamis, pada hari yang sama saat Biden menghadiri pengumpulan dana di Kota New York, Trump memberikan pidato singkat di luar rumah duka untuk menghormati polisi Jonathan Diller, yang tewas saat terjadi kemacetan lalu lintas. Seperti halnya dilakukan oleh banyak anggota Partai Republik baru-baru ini, pidato tersebut memberinya eksposur tanpa biaya yang terkait dengan kampanyenya.

Bahkan acara resmi Trump terkadang lebih sederhana. Seperti penampilannya pada Selasa sore di Grand Rapids, Michigan, yang diklaim oleh tim kampanyenya sebagai "pernyataan" daripada kampanye. Produksi acara tersebut kurang menarik, dan jumlah penontonnya lebih sedikit, dibandingkan dengan acara di Wisconsin malam itu.

Tim kampanye Trump tidak menanggapi komentar tentang strategi kampanye mereka.

Muncul tanda-tanda bahwa rencana Trump untuk tidak menekankan kampanye mungkin akan berhasil. Tim kampanyenya dan Komita Nesional Partai Republik mengumpulkan dana sebesar US$93,1 juta di bank. Ini merupakan sebuah hasil yang membantu mereka mengejar ketertinggalan besar yang berhasil dikumpulkan oleh Bidan dan Partai Demokrat selama beberapa bulan.

Karena Trump kini dianggap sebagai calon presiden, dia dan partainya dapat menerima cek hingga US$814.600 per donor, di mana sebelumnya tim kampanyenya hanya bisa secara legal menerima US$6.600 per orang. 

Hal ini membuat acara seperti penggalangan dana Paulson berpotensi jauh lebih menguntungkan dibandingkan yang diadakan awal tahun ini. Donatur besar Rebekah dan Robert Mercer, pengembang hotel Robert Bigelow dan taipan minyak Harold Hamm termasuk di antara lusinan orang kaya yang dijadwalkan menghadiri acara hari Sabtu itu.

Komitmen Pengadilan

Para ahli strategi masih berselisih pendapat tentang dampak komitmen pengadilan Trump terhadap prospek pemilunya. Meksipun hal ini akan memberikan waktu dan sumber daya yang lebih sedikit bagi Trump untuk mengadakan acara kampanye, hal ini telah memicu datangnya donasi dan menarik pemilih yang tidak akan menghadiri kampanyenya.

"Sebagian besar partisipasi masyarakat dilakukan di lapangan, orang demi orang, pemilih demi pemilih, di pintu dan melalui telepon. Mencoba membungkam Presiden Trump membuat orang ingin lebih banyak mendengar pendapatnya," kata ahli strategi Partai Republik dan Presiden CampaignHQ, Nicole Schlinger.

Hal itu mungkin berlaku khususnya bagi para pengikutnya yang paling setia.

Sharon Anderson, seorang pensiunan berusia 67 tahun dari Etowah, Tennessee, telah menghadiri 50 kampanye Trump sejak 2016. Dia memimpin sekelompok penggemar berat yang disebut sebagai Front Row Joes yang berusaha untuk menghadiri sebanyak mungkin acara-acara seperti karnaval itu.

Tipe peserta yang sering datang berulang seperti ini dapat membatasi efektivitas kampanyenya sebagai alat penggalangan dana. Kini, setelah Trump ditempatkan di tempat-tempat yang lebih kecil, para pendukung Trump bisa saja mengambil kursi yang seharusnya dapat diambil oleh calon donor baru.

Baru-baru ini, Trump memberi tahu kerumunan di Georgia bahwa para pendukungnya telah mengambil banyak ruang di acara-acaranya.

"Masalahnya adalah saya punya Front Row Joes di sini. Dan saya memiliki wanita tercantik di dunia," kata Trump. Dia menambahkan, tim kampanyenya mencoba mendapatkan tempat yang lebih besar. "Dan inilah masalahnya. Saya merasa mempunyai kewajiban kepada para pendukung super saya."

(bbn)

No more pages