Logo Bloomberg Technoz

Wamenkeu Ungkap Strategi Transisi APBN dari Era Jokowi ke Prabowo

Redaksi
26 March 2024 12:50

APBNKITA EDISI MARET 2024 (Azura Yumna/Bloomberg Technoz)
APBNKITA EDISI MARET 2024 (Azura Yumna/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menjelaskan strategi mengelola anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) di masa transisi pergantian dari pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke presiden terpilih Prabowo Subianto.

Menurut Suahasil, pelaksanaan APBN 2024 dan penyusunan APBN  2025 akan dilaksanakan sesuai dengan siklus yang telah disepakati dengan parlemen.

"Upaya pengelolaan APBN dalam hal peningkatan rasio pajak juga akan terus dilanjutkan," ujar Suahasil dalam pernyataan tertulis, Selasa (26/3/2024).

Beberapa cara yang dilakukan salah satunya melalui reformasi perpajakan dengan pengembangan core tax system. Kemudian, peningkatan keterpaduan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dengan Nomor Induk kependudukan (NIK) untuk memudahkan Wajib Pajak Individu maupun UMKM dalam melakukan aktivitas perpajakan.

"Kemenkeu (Kementerian Keuangan) akan terus mengelola defisit fiskal sesuai dengan undang-undang yang berlaku dengan penerbitan instrumen utang yang bertanggung jawab dan memperhitungkan kondisi dan situasi global," tutur Suahasil.