Logo Bloomberg Technoz

Wamenkeu Tur Eropa Tawarkan SUN, Investor Minat Ekonomi Hijau RI

Redaksi
26 March 2024 12:40

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara. (Kemenkeu Foto/ Biro KLI Edy)
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara. (Kemenkeu Foto/ Biro KLI Edy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara melakukan kunjungan kerja ke Eropa untuk menawarkan surat utang negara (SUN) kepada para investor di beberapa kota di kawasan tersebut.

Dalam rangkaian kunjungan kerja tersebut, Suahasil mengatakan hampir seluruh investor obligasi yang dia temui di Eropa tertarik dengan topik kebijakan Indonesia terkait perubahan iklim. Menurut dia, perubahan iklim merupakan topik yang relevan bagi investor Eropa karena isu ekonomi hijau merupakan isu sentral di di kawasan tersebut. 

“Hampir semua investor menyampaikan perhatiannya terkait arah kebijakan Indonesia dalam hal pengelolaan perubahan iklim, ekonomi hijau, kebijakan Environmental, Social, and Governance (ESG), serta rencana Pemerintah Indonesia dalam hal investasi hijau (green projects),” kata Wamenkeu dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (26/3/2024).

Dia menjelaskan banyak negara-negara Eropa sudah mulai menerapkan berbagai kebijakan terkait pengelolaan perubahan iklim, termasuk arah kebijakan investasi investor korporat dan sektor keuangan. Dalam sisi pembiayaan sektor keuangan, banyak investor Eropa yang mencari instrumen investasi yang juga dikaitkan dengan pembangunan hijau. 

Dalam kesempatan tersebut, Wamenkeu menjelaskan bahwa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang memiliki komitmen dan inisiatif yang besar dalam pengelolaan isu perubahan iklim.