Logo Bloomberg Technoz

Bandara Kertajati akan Mulai Layani Penerbangan Haji

Ezra Sihite
20 March 2023 07:51

Bandara Kertajati siap digunakan untuk keberangkatan haji (Dok Humas Kemenhub)
Bandara Kertajati siap digunakan untuk keberangkatan haji (Dok Humas Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat akan digunakan untuk melayani penerbangan haji. Bandara tersebut pada tahun ini sudah resmi ditetapkan sebagai salah satu bandara embarkasi dan debarkasi haji oleh Kementerian Agama. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam peninjauannya ke Kertajati memastikan kesiapan bandara tersebut.

“Setelah ditetapkan, nanti akan ada sekitar 20 kloter atau sekitar 7 ribu sampai dengan 8 ribu jemaah haji yang berasal dari Kabupaten Subang dan sekitarnya yang akan berangkat dari Bandara Kertajati,” ujar Menhub Budi Karya sebagaimana keterangan pers dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Minggu malam (19/3/2023).

Untuk memperlancar akses menuju Bandara Kertajati maka Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR menyatakan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) akan mulai beroperasi pada pertengahan April 2023 mendatang. Jalur tol ini dibuka untuk melancarkan pergerakan masyarakat dari dan ke Bandara Kertajati. Dengan beroperasinya tol itu maka waktu tempuh Bandung ke bandara tersebut bisa dalam 1 jam.
 
“Kita harapkan Bandara Kertajati akan semakin hidup, Tol Cisumdawu semakin ramai dan masyarakat di sekitar Subang yang akan menuju bandara maupun sebaliknya semakin nyaman karena aksebilitasnya semakin mudah,” ucap Menhub.

Disebutkannya, ketersediaan slot penerbangan di Bandara Kertajati masih sangat banyak sehingga bisa dimanfaatkan termasuk untuk melayani penerbangan umrah pada masa Lebaran. Diperkirakan dalam 10 hari menjelang Kebaran atau H-10 akan banyak jemaah yang berangkat umrah.

"Di Bandara Kertajati ini slotnya unlimited, jadi bisa kita terima berapa pun,” lanjut dia.