Logo Bloomberg Technoz

10 Cara Menolak Ajakan Bukber Puasa 2024 dengan Sopan

Redaksi
09 March 2024 15:20

Ilustrasi Puasa Ramadhan (Envato/furmanphoto)
Ilustrasi Puasa Ramadhan (Envato/furmanphoto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bulan Ramadan menjadi momen yang sungguh istimewa bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia. Tradisi yang kerap diidentikan dengan bulan penuh berkah ini ialah buka bersama, atau yang seringkali disingkat sebagai bukber.

Ketika menjelang bulan Ramadan, undangan bukber bisa muncul dari berbagai pihak, mulai dari rekan-rekan semasa bersekolah di SD, SMP, SMA, hingga rekans kerja di kantor. Namun, tak selalu mudah bagi kita untuk menerima setiap undangan yang datang.

Terkadang, situasi dan kondisi tertentu bisa membuat kita terpaksa harus menolak undangan tersebut, meskipun mungkin sebenarnya kita ingin sekali hadir. Ada yang disebabkan oleh jadwal yang sangat padat, masalah kesehatan, atau urusan pribadi yang memaksa. Namun demikian, kerap kali kita merasa ragu untuk menolak ajakan bukber.

Cara Menolak Ajakan Buka Puasa (Bukber) Ramadan dengan Sopan

Walaupun begitu, tak ada salahnya untuk menolak undangan bukber jika memang tak memungkinkan atau tak diinginkan. Berikut beberapa alasan yang bisa digunakan untuk menolak undangan bukber secara halus dan sopan, seperti yang dilansir oleh BloombergTechnoz.com dari berbagai sumber.

  •  Fokus pada Peningkatan Kualitas Ibadah

Menolak undangan bukber dari teman dengan fokus pada peningkatan kualitas ibadah adalah alasan yang beralasan.