Logo Bloomberg Technoz

Jubir TPN Sebut Ledakan Suara PSI Akibat Adanya Kecurangan

Muhammad Fikri
03 March 2024 12:00

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. (Tangkapan Layar via Instagram @psi_id)
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. (Tangkapan Layar via Instagram @psi_id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Juru Bicara Tim Pemenang Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Chico Hakim, mengatakan bahwa terjadinya ledakan suara yang diperoleh oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mempengaruhi turunnya perolehan suara Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Chico mengklaim bahwa meningkatnya suara yang diperoleh oleh PSI terdapat kecurangan yang diperoleh dengan mengambil suara dari partai lain.

"Naiknya secara signifikan suara PSI, dan turunnya suara PPP semakin menegaskan bahwa ada penggelembungan suara dengan mengambil suara dari partai lain." jelas Chico melalui keterangan tertulis dikutip Sabtu (3/3/2024).

Chico juga mengatakan bahwa pada Pemilu 2024 terdapat banyak campur tangan, serta intervensi dari kekuasan yang melibatkan banyak pihak, tidak terkecuali penyelenggara Pemilu, yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Namun seperti kita sudah ketahui bahwa pemilu ini sarat dengan dugaan intervensi brutal dari kekuasaan dengan diduga melibatkan ASN, TNI-Polri, dan penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu) sejak awal masa kampanye bahkan sebelum." tegasnya.

Menurutnya, selama ini PPP selalu memperoleh suara hasi pemilu diatas hasil survey, dikarenakan sebaran pemilih partai tersebut merata di kantong-kantong masyarakat Islam di Indonesia, dibandingkan dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang hanya terkonsentrasi di Jawa Timur. Terbukti perolehan suara PPP sebelum terjadinya ledakan suara yang diperoleh oleh PSI, PPP memperoleh rekapitulasi suara yang aman diatas 4%.