Logo Bloomberg Technoz

Usai Pemilu, Pembangunan Kantor Presiden di IKN Sudah Capai 74%

Redaksi
01 March 2024 15:40

Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan Pembangunan Lapangan Upacara di IKN, IKN, 29 Februari 2024 (Sumber: Instagram @jokowi)
Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan Pembangunan Lapangan Upacara di IKN, IKN, 29 Februari 2024 (Sumber: Instagram @jokowi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meninjau perkembangan pembangunan Kantor Presiden di Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Berdasarkan laporan Kementerian PUPR, pembangunan infrastruktur fisiknya sudah mencapai 74%.

Ini adalah peninjauan pertama Jokowi usai pelaksanaan Pemilu 2024. Proyek IKN diprediksi akan terus berlanjut karena berdasarkan hasil sementara real count KPU, pemerintahan Jokowi akan diteruskan pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Saat ini bilah-bilah ini sudah terpasang 1.282 dari 4.650, jadi kira-kira sepertiganya. Dan kami harapkan nanti untuk sayap burung Garuda ini bisa selesai di akhir Maret ini,” ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Diana Kusumastuti dikutip dari Sekretariat Presiden, Jumat (1/3/2024).

Pembangunan sudah berfokus pada pemasangan bilah karena struktur bangunan utama telah selesai. Pemasangan baja serta bilah-bilah sayap Garuda yang ini menjadi fokus baru karena merupakan bagian penting dari konstruksi gedung kantor presiden.

Menurut dia, pembangunan Kantor Presiden juga memperhatikan aspek lain seperti ramah lingkungan dan cerdas. Kementerian PUPR memprediksi Kantor Presiden sudah akan selesai dan bisa digunakan secara fungsional pada Juni 2024; atau sebelum Upacara Peringatan Kemerdekaan HUT RI ke-79.

Desain rencana Kompleks Istana Kepresidenan di IKN, Kalimantan Timur. (Dok. Kementerian Pariwisata)