Logo Bloomberg Technoz

Harga Divestasi Vale Sudah Deal, Dewan Komisaris Segera Dirombak

Sultan Ibnu Affan
16 February 2024 15:25

Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)
Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengisyaratkan bahwa jajaran dewan komisaris PT Vale Indonesia Tbk (INCO) bakal dirombak usai tercapainya kesepakatan harga 14% sahamnya yang harus didivestasikan kepada PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID).

"Pasti ada ganti [komisarisnya]. Kan komisaris sekarang dari sana [pihak Vale Canada Ltd]," ujar Arifin saat ditemui di Jakarta, Jumat (16/2/2024).

Berbanding lurus dengan pernyataan Arifin, Vale Indonesia diam-diam telah menerima surat pengunduran diri dari dua orang komisarisnya pada bulan ini. Pengumuman itu disampaikan manajemen perusahaan berkode saham INCO itu dalam Keterbukaan Informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sekretaris perusahaan INCO Filia Ananda mengatakan, dua petinggi yang mengajukan surat pengunduran diri itu yakni Deshnee Naidoo selaku Presiden Komisaris dan Gustavo Garavaglia sebagai komisaris. Keduanya mengajukan pengunduran diri pada 9 Februari.

Ruang kendali Pembangkit Listrik Tenaga Air Balambano, PT Vale Indonesia di Sorowako, Sulawesi Selatan, Sabtu (11/6/2022). (Dimas Ardian/Bloomberg)


Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 33/POJK.04/2014 tentang Direksi dan Dewan Komisaris Emiten atau Perusahaan Publik, Vale akan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham paling lambat 90 hari setelah diterimanya pengunduran diri tersebut.