Logo Bloomberg Technoz

Pemeran Semar Di Kampanye Akbar Ganjar-Mahfud MD Meninggal Dunia

Redaksi
10 February 2024 16:50

(Dok. Tangkapan Layar Youtube Ganjar Pranowo)
(Dok. Tangkapan Layar Youtube Ganjar Pranowo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kampanye Akbar Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Solo diwarnai kabar duka. Seniman dan akademisi Institut Seni Indonesia Surakarta, Blacius Subono meninggal dunia usai menjadi Semar Badranaya dalam rangkaian Kirab Budaya Solo.

Awalnya Blacius Subono bersama sejumlah penari tengah melakoni sebuah fragmen wayang yang menceritakan tentang pertarungan Semar dan Wisanggeni melawan Betari Durga yang menginginkan anaknya, Dewasrani mengusai dunia. Subono sebenarnya menuntaskan tugasnya dalam melakoni tokoh punakawan tersebut.

Dia pun nampak berdiri di belakang Ganjar Pranowo dan Siti Atikoh Suprianti di panggung kampanye akbar, depan Balai Kota Solo. Dia sempat turut senyum saat Puan Maharani menyerahkan wayang Wisanggeni kepada Ganjar. Sedangkan, Yenny Wahid menyerahkan wayang Semar kepada Mahfud MD.

Akan tetapi, Subono tiba-tiba tumbang dan jatuh ke arah Ganjar dan Atikoh. Dia pun kabarnya dibawa ke RSUD Moewardi. Hingga akhirnya dikabarkan meninggal dunia.

“Saya merasa terharu, terpukul, karena tadi aktor yang memerankan semar dipanggil Yang Mahakuasa,” kata Ganjar pada Kampanye Akbar di Semarang, Sabtu (10/2/2024).

(Dok. Tangkapan Layar Youtube Ganjar Pranowo)