Logo Bloomberg Technoz

Kemenangan yang menentukan ini membantu Biden membantah klaim para kritikus yang mengatakan basis Partai Demokrat tidak antusias dengan kampanye dari presiden AS berusia 81 tahun tersebut untuk masa jabatan kedua.

Biden menggunakan pemilihan pendahuluan untuk menarik pemilih kulit hitam. Mereka adalah golongan yang dukungannya akan sangat penting pada November, namun frustrasi dengan pemerintahan Biden terkait isu-isu utama seperti hak suara, reformasi kepolisian, dan keringanan student-loan (utang mahasiswa). Hal ini membahayakan harapan Biden untuk terpilih kembali.

Biden menjadikan Carolina Selatan sebagai sebagai pemilihan pendahuluan resmi pertama bagi Partai Demokrat sebagai pengakuan atas keberhasilannya pada 2020.

Menjelang pemilihan pendahuluan, tim kampanye Biden menegaskan tidak menganggap remeh dukungan pemilih kulit hitam. Hal itu ditunjukkan lewat kunjungan Biden, Wakil Presiden Kamala Harris, dan ibu negara Jill Biden ke kawasan tersebut bulan lalu. Komite Nasional Partai Demokrat merilis iklan yang menargetkan pemilih kulit hitam, pedesaan, dan anak muda. Operasi Biden mengerahkan para perwakilan utama, yang dipimpin oleh anggota dewan Jim Clyburn, yang merupakan sekutu setianya.

Para pemimpin Partai Demokrat memuji keputusan Biden memasukkan Carolina Selatan dalam kalende pemilihan pendahuluan. Mereka mengatakan hal itu membuat para pemilih kulit hitam, yang merupakan lebih dari setengah pemilih partai di negara bagian tersebut, berpengaruh dalam proses pencalonan.

Dalam pidatonya sepekan sebelum pemilihan pendahulaun, Biden berbicara soal kemajuan ekonomi yang dicapai para pemilih kulit hitam di bawah pemerintahannya. Dia memperingatkan bahwa kemajuan tersebut akan berbalik di bawah kepemimpinan Trump, yang hampir dinominasikan oleh Partai Republik. Menurut jajak pendapat Bloomberg News/Morning Consult, Trump memimpin perolehan suara di antara para pemilih di 7 negara bagian utama yang akan membantu menentukan pemilu pada November.

Jumlah pemilih yang relatif rendah dibandingkan dengan dua pemilihan pendahuluan Partai Demokrat terakhir di negara bagian tersebut dapat meningkatkan semangat Haley menjelang pemilihan pendahuluan Partai Republik pada 23 Februari.

Carolina Selatan memiliki sistem terbuka, yang memungkinkan para pemilih terdaftar untuk berpartisipasi dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik atau Partai Demokrat, namun tidak keduanya. Hal ini meningkatkan kemungkinan Haley dapat menarik pemilih independen atau moderat dari kedua partai untuk mengejar Trump.

Trump mengungguli Haley di negara bagian tempatnya menjadi gubernur dengan selisih sekitar 30 poin persentase dalam rata-rata RealClearPolitics, jajak pendapat GOP.

(bbn)

No more pages