Logo Bloomberg Technoz

Ron DeSantis Mundur dari Pencalonan Capres AS, Dukung Trump

News
22 January 2024 06:24

Ron DeSantis. (Sumber: Bloomberg)
Ron DeSantis. (Sumber: Bloomberg)

Nancy Cook - Bloomberg News

Bloomberg, Ron DeSantis mundur dari pemilihan calon presiden AS tahun 2024 pada hari Minggu. Dia memberikan dukungan pada calon terdepan, Donald Trump. Hal ini mempersempit persaingan di Partai Republik menjadi hanya dua kandidat utama menjelang pemilihan pendahuluan di New Hampshire yang akan berlangsung pada Selasa (23/1/2024).

"Dia mendapat dukungan saya karena kita tidak bisa kembali ke barisan lama Partai Republik di masa lalu," kata DeSantis dalam sebuah video yang dirilis hari Minggu di X, yang sebelumnya adalah Twitter. 

Gubernur Florida ini menggambarkan Trump sebagai alternatif yang lebih baik daripada Presiden Joe Biden atau Nikki Haley, saingan terakhir Trump dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik.

Mundurnya DeSantis dari pencalonan merupakan pukulan bagi nasib politik seorang kandidat yang baru dua tahun lalu memenangkan jabatan kedua sebagai gubernur dengan kemenangan telak, dan melangkah ke panggung nasional yang digembar-gemborkan oleh para donor Partai Republik sebagai masa depan partai.