Logo Bloomberg Technoz

Per 2024, Vaksinasi Covid-19 Gratis untuk Lansia

Redaksi
01 January 2024 13:55

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengeluarkan peraturan baru mengenai vaksinasi Covid-19 gratis untuk kaum lanjut usia (lansia) mulai 1 Januari tahun 2024. Peraturan tersebut tertuang pada Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor HK.01.07/2193/2023 untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19 yang semakin naik.

Pemerintah menerbitkan PMK baru ini dalam upaya mencegah peningkatan potensi timbulnya korban. Pemerintah menargetkan dua kelompok sasaran yang akan diberikan vaksinasi gratis mulai awal tahun ini.

"Nantinya ada dua kelompok yang menjadi sasaran imunisasi Covid-19 program dan mendapatkan imunisasi Covid-19 gratis," ucap Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dr Maxi Rein Rondonuwu dikutip dari laman sehatnegeriku, Minggu (31/12/2023).

Dirjen Maxi mengatakan bahwa penerima vaksinasi gratis ini dikelompokan menjadi dua bagian. Kelompok pertama bagi yang belum pernah menerima vaksinasi Covid-19, dan yang kedua ditujukan pada yang baru menerima minimal dosis satu vaksinasi Covid-19.

Baik kelompok satu maupun kelompok dua, penerima vaksin dikhususkan untuk kaum usia rentan atau lansia, lansia dengan komorbid, dewasa dengan komorbid, tenaga kesehatan (nakes) pada garda terdepan, ibu hamil, remaja usia 12 tahun ke atas, dan kelompok usia lainnya dengan kondisi immunocompromised (orang yang mengalamani gangguan sistem imun) sedang-berat.