Logo Bloomberg Technoz

Transisi Operasional KA Bandara ke KCI Rampung Maret 2023

Rezha Hadyan
05 March 2023 09:48

Penumpang masuk kedalam kereta KRL di stasiun Kebayoran Lama di Jakarta, Senin (31/5/2021). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Penumpang masuk kedalam kereta KRL di stasiun Kebayoran Lama di Jakarta, Senin (31/5/2021). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menargetkan proses transisi operasi KA Bandara Soekarno-Hatta dari PT Railink atau KAI Bandara akan rampung pada akhir Maret 2023.

Vice President Corporate Secretary KCI Anne Purba mengatakan pihaknya saat ini masih merekonsiliasi atas aset yang akan diserahterimakan oleh Railink. Proses yang akan berlangsung sampai dengan akhir Maret 2023 itu dipastikan tidak mengganggu operasional KA Bandara Soekarno-Hatta.

"Pengguna tidak perlu khawatir untuk menggunakan kereta bandara sebagai pilihan transportasi menuju Soekarno-Hatta" ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Minggu (5/3/2023).

Sekadar catatan, KCI telah resmi menjadi operator dan mengelola operasional KA Bandara Soekarno-Hatta sejak akhir 2022. Peralihan operasi ini terjadi setelah penandatanganan dokumen Akta Jual Beli dan Dokumen Peralihan operator pelayanan operasional kereta Bandara Sorkarno-Hatta antara KCI dan Railink pada 30 Desember 2022.

Railink merupakan anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II. Komposisi kepemilikan saham, 60% KAI dan 40% PT AP II.