Logo Bloomberg Technoz

Gus Yahya Lantik Erick Thohir jadi Petinggi PBNU

Mis Fransiska Dewi
18 December 2023 19:45

Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat berpidato (Twitter PSSI)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat berpidato (Twitter PSSI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya melantik Erick Thohir sebagai Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menggantikan tokoh NU, Ulil Abshar Abdalla dan Hasanuddin Ali.

"Saya secara pribadi, meminta Erick Thohir untuk menjadi ketua Lakpesdam," kata Gus Yahya, Senin (18/12/2023). "Nanti saya jelaskan kenapa banyak orang memprotes dan anti sama sampean (Erick)."

Lakpesdam sendiri adalah lembaga di bawah PBNU yang bergerak untuk memberdayakan warga NU atau nahdliyin dan masyarakat sekitar. Lembaga ini, menurut Yahya, sangat penting untuk menjadi pondasi perkembangan SDM pada tubuh NU. 

Atas alasan ini, kata Yahya, dia menolak usulan sejumlah tokoh NU lainnya untuk menaruh Erick pada posisi bendahara atau bidang perekonomian. Dia mengklaim PBNU merekrut Erick bukan untuk mencari uang atau sumbangan. Ia ingin Erick memberikan pembaharuan pada pengelolaan SDM NU.

"Saya ingin Lakpesdam menjadi seperti Bappenas yang dimiliki oleh pemerintah," ujar Yahya.