Logo Bloomberg Technoz

Menurut Maxi, booster sangat diperlukan karena vaksin yang sudah kita dapatkan sebelumnya akan berkurang keampuhannya seiring berjalan waktu.

Walaupun tidak memberikan perlindugan secara 100%, booster juga berguna untuk mencegah gejala berat.

Terakhir, booster juga dianggap mampu meminimalisir pasien yang terpapar untuk dirawat di rumah sakit. Karena imun semakin baik, sehingga virus tidak akan menyebabkan penyakit lanjutan yang mengharuskan dirawat.

Tenaga kesehatan bersiap melakukan tes Covid-19 di layanan tes Covid-19 di Jakarta, Senin (8/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Dinkes DKI sendiri mencatat penggunaan tempat tidur di rumah sakit tetap stabil di bawah 5% walaupun kasus Covid-19 di Jakarta meningkat. 

“Penggunaan tempat tidur stabil di bawah 5%, belum ada kenaikan bermakna,” ujar Kepala Seksi Surveilans Epidemologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama kepada Bloomberg Technoz, Rabu (13/12/2023). 

Per 13 Desember 2023, kata Ngabila, 44 pasien di DKI Jakarta sedang dirawat di rumah sakit, di mana terdapat 32 kasus bergejala sedang dirawat di ruang isolasi RS dan 12 kasus dirawat di Unit Perawatan Intensif (Intensive Care Unit/ICU) RS. 

(spt)

No more pages