Logo Bloomberg Technoz

"Maka itu, masyarakat mungkin bisa lebih mengelola hal-hal atau menunda pengeluaran yang tidak perlu," kata Putu.

Selain itu, nilai konsumsi ini juga dipengaruhi oleh penambahan keranjang indikator yang tercantum di dalam SBH 2022. 

Dia menyebutkan, nilai konsumsi itu dipengaruhi oleh belanja makanan dan minuman di restoran, informasi, komunikasi, jasa keuangan dan pendidikan.

Sebelumnya, Perencana Keuangan Ahmad Gozali menyarankan masyarakat di Ibu Kota untuk mengendalikan perilaku dan gaya hidup sesuai dengan level penghasilan.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi kenaikan harga komoditas yang tidak bisa dikendalikan, salah satunya harga bahan bakar minyak (BBM). 

"Pesan saya adalah selalu punya ruang untuk antisipasi kenaikan harga yang tidak bisa kendalikan, dan kendalikan gaya hidup agar sesuai dengan level penghasilan," kata Ahmad Gozali kepada Bloomberg Technoz, Rabu (13/12/2023).

Di dalam SBH 2022 terdapat data 20 komoditas dengan peningkatan bobot terbesar yang dikonsumsi masyarakat. Di urutan pertama adalah, biaya langganan internet dengan bobot 1,40%. Kemudian, tarif listrik 0,92%, bensin 0,65%, minyak goreng 0,47%, dan sigaret kretek mesin (SKM) 0,45%.

Sementara itu, komoditas dengan penurunan bobot terbesar berdasarkan konsumsi masyarakat adalah sewa rumah dengan bobot -1,70%, kontrak rumah -1,31%, tarif pulsa ponsel -0,83%, upah asisten rumah tangga -0,49%, dan tukang mandor -0,43%.

Jika dilihat dari nilai komoditas yang naik dan turun, Ahmad Gozali menilai biaya hidup masyarakat meningkat karena faktor perubahan gaya hidup dan inflasi dalam beberapa waktu terakhir. 

"Misalnya internet dan listrik terkait penggunaan gadget yang meningkat. Bensin, minyak goreng dan rokok naik karena inflasi," ujar Ahmad Gozali.

Di sisi lain, penurunan nilai konsumsi bisa tercapai sepenuhnya melalui perubahan gaya hidup. Misalnya, penggunaan pulsa yang hemat, terhapusnya anggaran untuk asisten rumah tangga dan tukang kebun bisa berkurang karena gaya hidup mandiri keluarga kecil.

(lav)

No more pages