Logo Bloomberg Technoz

Apple akan Rilis iPad Baru-MacBook M3 untuk Dongkrak Penjualan

News
07 December 2023 07:40

iPad produk Apple. (Dok: Bloomberg)
iPad produk Apple. (Dok: Bloomberg)

Mark Gurman - Bloomberg News

Bloomberg, Apple Inc, dalam upaya untuk membalik penurunan penjualan Mac dan iPad, sedang mempersiapkan beberapa model dan upgrade baru untuk awal tahun depan.

Menurut sumber, upaya tersebut mencakup upgrade untuk iPad Air, iPad Pro, dan MacBook Air. iPad Air baru akan hadir dalam dua ukuran untuk pertama kalinya. Sementara model Pro akan mendapatkan layar OLED. MacBook Air akan dilengkapi dengan prosesor M3 yang lebih cepat.

Mac dan iPad menyumbang 15% dari pendapatan Apple secara keseluruhan. Keduanya sama-sama terdampak oleh penurunan belanja teknologi konsumen. Penurunan penjualan iPad diperburuk oleh kurangnya model-model baru. Bahkan, tahun 2023 akan menjadi tahun pertama dalam sejarah produk ini tanpa perilisan versi baru.

Meskipun ada perilisan Mac dalam setahun terakhir, pasar ini mengalami penurunan yang lebih luas untuk komputer setelah lonjakan belanja pada masa pandemi. Penjualan Mac turun 34% pada kuartal lalu menjadi US$7,61 miliar, sementara pendapatan iPad turun 10% menjadi US$6,44 miliar. Saat ini, keduanya juga menyumbang bagian yang lebih kecil dari total penjualan Apple, dengan layanan — yang dulunya hanya memberikan kontribusi yang kecil — kini menyumbang sebagian besar.

Perbandingan penjualan iPad dan Mac. (Sumber: Bloomberg)