Logo Bloomberg Technoz

Gejala Mycoplasma Pneumonia Mirip ISPA, Cegah dan Antisipasi

Redaksi
06 December 2023 18:36

Ilustrasi paru-paru (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi paru-paru (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan perlunya masyarakat mengetahui ciri-ciri Mycoplasma Pneumonia yang kini mulai menjangkiti Indonesia. Setidaknya sudah ada enam pasien yang ditemukan dan sedang dirawat di dua rumah sakit.

Selain mengetahui ciri-cirinya, masyarakat juga perlu tahu cara pencegahan agar tak terjangkit penyakit menular tersebut. Apalagi penularan bisa melalui udara.

Dokter spesialis paru Erlina Burhan dari RSUP Persahabatan menjelaskan gejala awal ringan penyakit ini sehingga bisa segera diantisipasi oleh yang terkena bakteri ini.

“Ciri-ciri terkenanya Mycoplasma Pneumonia ringan yaitu terjadinya kenaikan suhu (tubuh) namun tidak terlalu tinggi, batuk-batuk, nyeri kepala, dan nyeri tenggorokan,” kata Erlina di acara konferensi pers yang diadakan Rabu (6/12/2023) lewat Zoom Meeting.

Dia membenarkan bahwa gejala penyakit ini sama dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang juga bisa diawali dengan demam dan batuk. Oleh karena itu pencegahannya juga tak jauh berbeda.