Logo Bloomberg Technoz

Cuma 10% CEO Wanita di Jajaran Perusahaan Terkemuka Inggris

News
26 November 2023 23:00

Ilustrasi Indeks FTSE 100 di London Stock Exchange (Dok Bloomberg)
Ilustrasi Indeks FTSE 100 di London Stock Exchange (Dok Bloomberg)

Olivia Konotey-Ahulu - Bloomberg News - 

Bloomberg, Bahkan di tengah laju tercepat tren rekrutmen eksekutif wanita di banyak perusahaan terbesar di Inggris lima tahun terakhir, masih ada rintangan besar yang masih harus dilewati kaum perempuan: kemungkinan yang kecil bagi eksekutif wanita untuk memegang peran berpengaruh dalam mengawasi sisi komersial bisnis.

Berdasarkan laporan konsultan gender The Pipeline, hampir sepertiga posisi eksektutif perusahaan-perusahaan yang tercatat sahamnya di FTSE350, indeks saham di bursa London, adalah perempuan. Akan tetapi, mereka 'hanya' menduduki 'peran fungsional'.

Hal itu memperlihatkan kecenderungan mereka dipromosikan ke posisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemasaran dibanding posisi yang memiliki tanggung jawab terkait untung rugi perusahaan, yang mengarah ke posisi Chief Executive Officer (CE0). CEO lelaki mencapai 91% dari jumlah.

meskipun hampir seluruh sepertiga anggota komite eksekutif di FTSE350 pada Juli 2023 terdiri dari perempuan, mereka cenderung menduduki “peran fungsional”. Hal ini cenderung berarti mereka dipromosikan ke posisi SDM dan pemasaran dibandingkan peran yang memiliki tanggung jawab untung dan rugi — yang lebih cenderung mengarah ke posisi CEO. CEO laki-laki menyumbang 91% dalam indeks.

“Para pemimpin perlu memeriksa budaya tempat kerja mereka dan memastikan bahwa prosedur promosi mereka benar-benar adil dan berdasarkan prestasi,” kata Sue O’Brien, Chairman The Pipeline dalam siaran persnya. “Merawat, mengembangkan, dan berinvestasi pada tenaga kerja yang sudah Anda miliki adalah sebuah prioritas.”

Meskipun laporan ini menandai pertama kalinya tingkat perempuan dalam posisi ExCo di FTSE 350 menembus angka di atas 30%, kesenjangan yang cukup besar juga terbuka antar sektor, menurut penelitian.

Industri seperti transportasi, listrik dan asuransi mendekati kesetaraan gender pada tingkat tersebut, sementara proporsinya berada di bawah 30% pada sektor real estate dan pertambangan. Dari dua perusahaan ekuitas swasta yang dilibatkan dalam penelitian ini, tidak ada perempuan sama sekali yang menduduki posisi tersebut.