Logo Bloomberg Technoz

Melihat Kinerja Rupiah dan Inflasi di Bawah Komando Perry Warjiyo

Hidayat Setiaji
23 February 2023 13:12

Gubernur BI Perry Warjiyo (Sumber: Bloomberg)
Gubernur BI Perry Warjiyo (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tugas utama bank sentral adalah menjaga inflasi dan stabilitas nilai tukar. Plus membantu mendorong pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja, yang diterapkan di sejumlah negara.

Di Indonesia, tugas utama Bank Indonesia (BI) selaku bank sentral diatur dalam Undang-undang No 3/2004. Dalam UU tersebut, jelas tugas utama BI adalah mencapai dan memelihara stabilitas nilai rupiah.

Kebetulan masa jabatan Gubernur Perry Warjiyo periode pertama hampir berakhir. Nama Perry menjadi calon tunggal Gubernur BI untuk periode 2023-2028. Perry menjadi gubernur pertama yang menjabat selama dua periode, jika lolos uji kepatutan dan kelayakan di DPR.

Meskipun pergerakan nilai tukar dan inflasi tidak hanya ditentukan oleh bank sentral, cukup menarik untuk disimak, bagaimana keberhasilan Perry dalam menjaga rupiah dan pergerakan harga konsumen dibandingkan dengan pimpinan bank sentral negara-negara tetangga.

Perry dilantik di Mahkamah Agung pada 24 Mei 2018. Sepanjang 24 Mei 2018 hingga 22 Februari 2023, nilai tukar rupiah melemah 7,57% terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Rupiah mengawali hari pelantikan Perry di kisaran Rp 14.100/US$ dan kemarin sudah Rp 15.200/US$.

Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS (Sumber: Bloomberg)