Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Calonkan Perry Warjiyo Jadi Gubernur BI Lagi

Elisa Valenta
22 February 2023 16:40

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam acara Mandiri Investment Forum 2023 (Dimar Ardian/Bloomberg)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam acara Mandiri Investment Forum 2023 (Dimar Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo resmi menominasikan Perry Warjiyo untuk melanjutkan periode keduanya sebagai Gubernur Bank Indonesia.

Usulan calon tunggal tersebut secara resmi disampaikan oleh Jokowi kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Rabu (22/2/2023) dan telah dikonfirmasi oleh Ketua Badan Anggaran DPR Said Abdullah.

"Tentu saja kami perlu mengamankan kebijakan presiden, sebab kami bagian dari kekuatan politik yang mendukung pemerintah," ujar Said dalam keterangannya, Rabu (22/2/2023).

Perry merupakan pejabat moneter yang meniti karir di BI. Pria kelahiran Sukoharjo pada 1959 ini memulai kariernya di Bank Indonesia sejak 1984, setelah dua tahun lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada 1982.

Di Bank Indonesia, Perry berkutat pada area riset ekonomi dan kebijakan moneter, isu-isu internasional, transformasi organisasi dan strategi kebijakan moneter, pendidikan dan riset kebanksentralan, pengelolaan devisa dan utang luar negeri, serta Biro Gubernur.