Logo Bloomberg Technoz

Rekam Jejak Kebijakan Perry Warjiyo, Calon Tunggal Gubernur BI

Hidayat Setiaji
23 February 2023 09:02

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjioyo dalam acara Mandiri Investment Forum. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjioyo dalam acara Mandiri Investment Forum. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Teka-teki itu akhirnya terjawab. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan mengusung Perry Warjiyo sebagai calon tunggal Gubernur Bank Indonesia (BI). Dengan begitu, Perry Warjiyo akan melanjutkan jabatannya untuk periode kedua.

“Presiden Joko Widodo telah mengirimkan nama calon Gubernur BI ke DPR. Presiden Jokowi tampaknya mengusulkan calon Gubernur BI adalah Bapak Perry Warjio, tentu saja kami perlu mengamankan kebijakan presiden, sebab kami bagian dari kekuatan politik yang mendukung pemerintah,” ungkap Said Abdullah, Ketua Badan Anggaran DPR, yang berasal dari Fraksi PDI-Perjuangan.

Perry Warjiyo menjabat sebagai Gubernur BI sejak 2018. Sebelumnya, posisi Perry Warjiyo adalah sebagai Deputi Gubernur BI.

Perry Warjiyo adalah 'orang asli' BI, memulai karir di bank sentral sejak 1984, dua tahun usai lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada. Sebagai seorang moneteris, Perry Warjiyo memegang teguh amanat tugas bank sentral sesuai Undang-undang Bank Indonesia Pasal 4, yaitu menjaga inflasi dan stabilitas nilai tukar rupiah.

Pada masa awal jabatannya pada 2018, Perry Warjiyo dihadapkan dengan tekanan terhadap nilai tukar rupiah. Kala itu, rupiah melemah hingga ke atas Rp 15.000/US$.

Sumber: Bloomberg