Logo Bloomberg Technoz

Pemilihan Gubernur BI

Jadi Calon TunggaI, DPR Beri Sinyal Hijau Untuk Perry Warjiyo

Elisa Valenta
22 February 2023 17:32

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam Rapat Dewan Gubernur Februari 2023 (Dok, Bank Indonesia)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam Rapat Dewan Gubernur Februari 2023 (Dok, Bank Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo secara resmi telah mengusulkan nama Perry Warjiyo sebagai calon tunggal Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2023-2028 kepada DPR. Ini adalah pencalonan yang kedua kalinya bagi Perry yang telah menjabat sebagai gubernur sejak 2018. 

Ketua Badan Anggaran DPR RI Said Abdullah memberi sinyal usulan Jokowi tersebut akan diterima oleh parlemen yang akan mulai membahas proses pemilihan Gubernur BI pada 13 Maret mendatang

"Tentu saja kami perlu mengamankan kebijakan Presiden, sebab kami bagian dari kekuatan politik yang mendukung pemerintah," ujar Said dalam keterangannya Rabu (22/2/2023).

Said mengatakan sejumlah alasan yang menjadi pertimbangan DPR dalam menetapkan gubernur bank sentral periode ke depan. Menurutnya seorang gubernur BI harus menjalin hubungan yang erat dengan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang beranggotakan Menteri Keuangan, Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan LPS. 

Hal ini dinilai penting mengingat risiko dari tantangan ekonomi yang dihadapi oleh Indonesia tidak mudah ke depannya, terlebih Indonesia akan memasuki tahun politik 2024.