Logo Bloomberg Technoz

KSSK Lapor Jokowi Ekonomi Global Masih Perlu Diantisipasi

Mis Fransiska Dewi
24 October 2023 08:45

Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Opening Speech The 10th ASEAN Finance Ministers & Central Bank Governors Meeting (Youtube)
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Opening Speech The 10th ASEAN Finance Ministers & Central Bank Governors Meeting (Youtube)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin (23/10/2023). Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan bahwa anggota KSSK telah melaporkan kepada Presiden terkait perkembangan situasi terkini perekonomian global yang harus diantisipasi dalam bulan maupun tahun mendatang.

Menkeu yang anggota KSSK juga menyampaikan perlu ada koordinasi antara kebijakan fiskal dan moneter untuk tantangan dalam menjaga stabilitas perekonomian. Apalagi menurut dia, saat ini dinamika perekonomian global memerlukan antisipasi karena masih ada ketidakpastian.

“Oleh karena itu, fiskal dan moneter akan terus berkoordinasi secara sinkron, harmonis. Tentu kita harus saling melakukan penyesuaian. Kita menggunakan dari mulai instrumen yang ada di market, maupun dari sisi komunikasi kebijakan yang akan kita terus lakukan bersama-sama antara BI dan Kementerian Keuangan,” kata Sri Mulyani dikutip dari laman Setkab pada Selasa (24/10/2023).

Untuk sektor keuangan, Sri Mulyani menyebut akan memantau stabilitas mulai dari keuangan, perbankan, pasar modal, dan lembaga keuangan bukan bank. Termasuk kata dia, pergerakan arus modal asing baik yang masuk maupun keluar.

“KSSA akan berkumpul pada akhir bulan ini sesuai dengan waktu berkumpul atau rapat berkala. Nanti kita akan terus lakukan secara teliti berbagai sektor keuangan termasuk kita terus melakukan berbagai stress test untuk meyakinkan bahwa sektor keuangan akan baik,” imbuhnya.