Logo Bloomberg Technoz

Zainudin Amali Isyaratkan Lepas Jabatan Menpora

Ezra Sihite
20 February 2023 13:03

Menpora Zainudin Amali saat keterangan pers di Kantor Presiden, Senin (20/2/2023). (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)
Menpora Zainudin Amali saat keterangan pers di Kantor Presiden, Senin (20/2/2023). (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyatakan sudah melaporkan soal posisinya sebagai wakil ketua umum (waketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) kepada Presiden Joko Widodo. Ditanya perihal mundur dari Kabinet Indonesia Maju, politikus Partai Golkar tersebut hanya mengatakan, presiden sudah memberikan izin untuk fokus mengurus sepak bola di Kepengurusan PSSI.

"Beliau menyampaikan kepada saya bahwa saya diizinkan fokus dan konsentrasi kepada sepak bola. Udah jangan dijelasin panjang-panjang lagi itu," kata Zainudin Amali dalam konferensi pers di kantor presiden, Jakarta, Senin (20/2/2023) sebagaimana dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Pada hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang menggelar audiensi dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Waketum PSSI Ratu Tisha dan Zainudin Amali, serta para anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Ketum PSSI Erick Thohir dan Waketum I dan II, Ratu Tisha dan Zainudin Amali (Twitter PSSI)

"Saya sudah dapat izin dari pak Presiden untuk konsentrasi dan fokus di sepak bola dan presiden sudah mengizinkan. Masak harus panjang-panjang lagi," kata dia lagi.

Diketahui posisi Menpora Zainudin Amali yang terpilih menjadi Waketum PSSI lewat Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI sempat menjadi sorotan publik. Hal itu terjadi karena Menpora Amali jelas merupakan bagian pemerintah yang nantinya justru harus bermitra dengan PSSI.

Saya sudah dapat izin dari pak Presiden untuk konsentrasi dan fokus di sepak bola, dan presiden sudah mengizinkan

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali