Logo Bloomberg Technoz

“Meskipun kami terus melakukan pembicaraan yang produktif, spekulasi tentang penggalangan dana atau valuasi kami hanya sebatas itu.”

Sebuah kesepakatan menghasilkan nilai valuasi kisaran US$5-US$6 miliar, kata orang-orang tersebut. Pada tahap awal dalam percakapan dengan para investor, valuasi US$10 miliar bahkan telah dibahas, kata dua orang tersebut.

Pula dengan harga yang lebih rendah sekalipun, capaiannya masih merupakan lompatan besar dari nilai US$1 miliar pada putaran pendanaan terakhir perusahaan. 

Mantan karyawan Google adalah orang dibalik hadirnya Character.AI, Noam Shazeer dan Daniel De Freitas. Teknologi yang dihadirkan Shazeer dan de Freitas memungkinkan orang untuk membuat berbagai chatbot yang mampu melakukan percakapan teks.

Para pengguna Character.AI sudah mengirimkan puluhan juta pesan ke karakter seperti Super Mario, yang didasarkan pada karakter Nintendo 64.

Karakter-karakter tersebut kemudian memberikan respons yang dihasilkan oleh AI, misalnya dalam kasus Mario: “Halo! Ini saya, Mario!”

Character.AI berdiri tahun 2021 dan masih dalam tahap awal dengan model bisnis yang dapat berkembang. Awal tahun ini, perusahaan mulai menawarkan sistem berlangganan bulanan sebesar US$10 untuk layanan yang c.ai+, yang memungkinkan pengguna mengakses fitur messaging lebih cepat.

Character.AI adalah salah satu dari semakin banyak perusahaan yang mengembangkan generatif AI, perangkat software yang menerima masukan dari pengguna dan menghasilkan konten baru dalam bentuk teks, gambar, atau lainnya.

Seperjalanan dengan meningkatnya valuasi AI, beberapa investor berspekulasi tentang apakah perusahaan ventura harus mendanai model bahasa yang besar, seperti yang dibangun oleh Character.AI. Pemikiran ini didasari atas biaya komputasi yang sangat besar untuk pengembangan dan pengoperasian teknologi khusus semacam ini.

Beberapa orang di industri berpendapat bahwa akan lebih masuk akal jika perusahaan startup tersebut mencari dukungan dari investor strategis, seperti Microsoft Corp. — yang sudah memasukkan uangnya lebih dari US$10 miliar di OpenAI.

the Information melaporkan pada bulan Juli bahwa Character.AI sedang berbicara dengan investor tentang putaran pendanaan baru.

—Dengan asistensi Rachel Metz dan Mark Bergen.

(bbn)

No more pages