Logo Bloomberg Technoz

Dana Pensiun BCA Life Bubar, Ini yang Harus Dilakukan Nasabah

Dovana Hasiana
15 September 2023 20:35

Gedung Bank Central Asia ( Dok BCA )
Gedung Bank Central Asia ( Dok BCA )

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kalangan pakar perbankan menilai nasabah Dana Pensiun BCA Life tidak perlu khawatir pascapenutupan lembaga tersebut oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 28 Agustus 2023.

Dalam kaitan itu, Assistant Vice President Government Program, Division of Small Business and Program PT BNI (Persero) Tbk. Chandra Bagus Sulistyo menjelaskan inisiatif pembubaran dana pensiun BCA Life adalah datang dari dewan direksi perusahaan.

Dia mengatakan direksi Dana Pensiun BCA Life ingin mengembangkan bisnis asuransi jiwa yang dinilai memiliki potensi lebih besar. Untuk itu, mereka berasumsi bahwa, dengan lebih fokus, mereka akan bisa meraih potensi yang lebih besar dengan cara membubarkan lini dana pensiun.

“Kemudian dampak ke nasabah bagaimana? OJK telah membentuk tim likuidasi yang akan mengarbitrase hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh nasabah. Jadi tidak perlu khawatir karena tim likuidasi itu akan benar-benar melakukan arbitrase untuk melakukan pengakuisisian, kira-kira lembaga yang nanti ditentukan OJK untuk bisa meng-cover nasabah Dana Pensiun BCA Life,” ujarnya saat dihubungi, Jumat (15/9/2023).

Hal yang perlu dilakukan nasabah, lanjut Chandra, adalah memonitor tim likuidasi yang dibentuk OJK tersebut. Nantinya, tim tersebut akan memberikan informasi secara detail ihwal hak dan kewajiban yang akan diterima oleh nasabah.