Logo Bloomberg Technoz

Perjalanan Dana Pensiun BCA Life hingga Akhirnya Dibubarkan

Mis Fransiska Dewi
15 September 2023 16:40

Ilustrasi Asuransi. (Envato/89STOCKER)
Ilustrasi Asuransi. (Envato/89STOCKER)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memutuskan pembubaran Dana Pensiun BCA Life. Pembubaran ini dilakukan melalui putusan tertanggal 28 Agustus 2023. 

Sebelum dana pensiun ini lahir, Grup BCA sebelumnya telah memiliki BCA Life atau PT Asuransi Jiwa BCA. Perusahaan asuransi BCA ini sebelumnya beroperasi dengan izin oleh OJK pada Juli 2014. Nasabah BCA Life memilih berbagai produk perlindungan jiwa, kemudian mencakup pula asuransi kecelakaan, asuransi kesehatan, dan employee benefit. 

Pada tahap selanjutnya perusahaan mendirikan badan usaha baru dibawah BCA Life, yaitu Dana Pensiun Lembaga Keuangan BCA Life selanjutnya disebut DPLK BCA Life, dan menjadi bagian dalam grup BCA. 

DPLK sebelumnya telah mendapat mengesahan atas pendirian pada 18 Juni 2023 lewat surat keputusan Nomor: KEP- 57/D.05/2021 tentang Pengesahan Atas Pendirian Dana Pensiun Lembaga Keuangan BCA Life.

DPLK BCA Life selama beropasi  mengelola dan menjalankan program manfaat pensiun bagi peserta Individu maupun Peserta Kelompok, dan memiliki target memberikan gambaran atas kekuatan, komitmen dan profesionalisme dalam mengelola serta menjalankan program manfaat pensiun bagi masyarakat Indonesia.