Logo Bloomberg Technoz

Korea Selatan Mungkin Turunkan Bunga Acuan Lebih Cepat

News
09 February 2023 06:19

Ilustrasi Bendera Korea Selatan (Sumber: SeongJoon Cho/Bloomberg)
Ilustrasi Bendera Korea Selatan (Sumber: SeongJoon Cho/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Sentral Korea Selatan (BoK) diperkirakan menurunkan suku bunga acuan lebih cepat dari perkiraan semula. Berdasarkan survei terhadap para ekonom, langkah ini dilakukan di tengah kekhawatiran akan prospek pertumbuhan ekonomi Negeri Ginseng.

Mengutip Bloomberg News, saat ini suku bunga acuan Korea Selatan ada di 3,5% dan mungkin akan turun ke 3,25% pada tiga bulan terakhir 2023. Satu kuartal lebih awal dari perkiraan semula.

Puncak suku bunga (terminal rate) Korea Selatan dinilai sudah terjadi sejak bulan lalu, kala BoK menaikan 25 basis poin (bps). Dua anggota Dewan Gubernur tidak sepakat dengan kenaikan tersebut, yang menjadi sinyal bahwa BoK akan menahan suku bunga dalam rapat 23 Februari.

“BoK akan mulai mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi di atas inflasi dan mulai menurunkan suku bunga pada kuartal IV-2023. Permintaan eksternal yang lemah akan membebani ekspor dan investasi, sementara suku bunga tinggi akan berdampak terhadap sektor konstruksi dan konsumsi,” jelas Stephen Lee, Kepala Ekonom Meritz Securities.

Sumber: Bloomberg

Pada kuartal IV-2022, ekonomi Korea Selatan mengalami kontraksi (pertumbuhan negatif). Kini, Korea Selatan menghadapi masalah defisit neraca perdagangan, penurunan pasar properti, dan pelemahan ekspor.