Logo Bloomberg Technoz

Darurat Listik Hantam Texas, Warga Terpanggang Suhu Panas

News
07 September 2023 09:20

Kondisi suhu panas yang menerjang Kota Texas. (Jordan Vonderhaar/Bloomberg)
Kondisi suhu panas yang menerjang Kota Texas. (Jordan Vonderhaar/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Texas mengumumkan darurat listrik pertamanya sejak badai musim dingin yang mematikan dua tahun lalu. Dewan Keandalan Listrik Texas (ERCOT) mengumumkan bakal melakukan pemadaman bergilir untuk menjaga ketersediaan pasokan.

Deklarasi darurat Tingkat 2 pada Rabu (6/9/2023) malam dilakukan sebagai respons terhadap menyusutnya pasokan listrik yang tersedia. Operator jaringan listrik di negara bagian tersebut akan memanfaatkan cadangan sambil mendorong konsumen untuk membatasi penggunaan.

Texas belum pernah mengalami darurat jaringan listrik sejak Februari 2021, ketika udara dingin memicu pemadaman listrik yang menyebabkan kematian ratusan orang, jutaan orang terlantar di dalam rumah yang membeku, dan melumpuhkan aktivitas selama sepekan.

Kondisi memburuk begitu cepat pada hari Rabu sehingga operator jaringan listrik melewatkan panggilan darurat tingkat satu. Tingkat darurat dua menunjukkan cadangan listrik telah turun ke tingkat kritis dan memungkinkan operator menggunakan lebih banyak cadangan untuk menopang jaringan listrik.

Peringatan ini diumumkan pada malam hari, waktu yang kini menjadi berbahaya bagi operator jaringan listrik karena pasokan tenaga surya menurun namun sumber pembangkit listrik lain tidak selalu tersedia untuk mengatasi kekurangan tersebut.