Logo Bloomberg Technoz

Dalam hal ini Jepang akan memfokuskan 6 area kerja sama seperti media infrastruktur transportasi hingga meningkatkan konektivitas dalam bidang manusia (SDM) dan pembangunan. 

"Pembangunan infrastruktur media transportasi, kedua dalam hal meningkatkan konektivitas digital ketiga kerja sama di bidang maritim, keempat adalah ketahanan dalam mempertahankan rantai pasok/supply chains antara Jepang dan ASEAN, kelima adalah konektivitas di bidang perlistrikan khususnya dalam hal ini energi hijau, keenam bagaimana bisa meningkatkan konektivitas dalam bidang manusia dan juga pembangunan," sambung Pahala. 

Kanada

Justin Truedau Perdana Menteri Kanada, tak luput menyampaikan akan melakukan Kanada Strategic Partnership bersama kawasan wilayah Asia Tenggara ini. 

Beberapa tahun kebelakang ASEAN sendiri telah menyumbang ekspo-impor Kanada hampir sebesar 29%. Oleh sebab itu Justin berharap kerjasama ini dapat membantu ekspor wilayah ASEAN dengan cara lebih inovatif. 

"Diharapkan bahwa pada Asian Summit Partner tersebut dapat membantu ekspor ASEAN untuk mencari cara solusi inovatif pembangunan infrastruktur manajemen laut mitigasi dan manajemen bencana serta pengembangan dalam bidang energi bersih," ujar Pahala.

(prc/ain)

No more pages