Logo Bloomberg Technoz

5 Kisi-kisi KTT BRICS di Afrika Selatan, Ada Soal Dedolarisasi

News
18 August 2023 15:00

BRICS (Sumber: Bloomberg)
BRICS (Sumber: Bloomberg)

Monique Vanek - Bloomberg News

Bloomberg, Afrika Selatan akan menjadi tuan rumah KTT BRICS dan negara-negara lain di Global South (negara berkembang, kurang berkembang atau terbelakang) pekan depan. Pertemuan ini bertujuan untuk mencari keseimbangan dominasi barat dalam tatanan dunia sambil menghadapi perpecahan internal di antara mereka sendiri. 

Setidaknya 40 kepala negara dan pemerintahan akan bergabung dengan Cyril Ramaphosa dari Afrika Selatan, Xi Jinping dari China, Narendra Modi dari India, dan Luiz Inacio Lula da Silva dari Brasil di Johannesburg. Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, mewakili Vladimir Putin, yang akan menghadiri secara virtual untuk menghindari kemungkinan penangkapan karena tuduhan kejahatan perang jika memasuki negara tersebut.

"Ketika berbicara tentang persamaan kekuasaan global, Afrika dan Global South masih merupakan elemen yang terpinggirkan," kata Duta Besar BRICS Afrika Selatan, Anil Sooklal. "Apa yang disebut dengan orde liberal barat yang diciptakan setelah Perang Dunia II tidak ingin memberi ruang bagi pemain baru."

Berikut adalah lima hal yang perlu diperhatikan saat mereka berkumpul pada 22-24 Agustus di Sandton, pusat bisnis di pinggiran utara kota yang kaya: