Logo Bloomberg Technoz

Sandiaga Ogah Pakai Isu yang Memecah-belah di Pemilu

Krizia Putri Kinanti
21 July 2023 17:50

Menteri Kemenparekraf, Sandiaga Uno (Dok. Sandiaga Uno)
Menteri Kemenparekraf, Sandiaga Uno (Dok. Sandiaga Uno)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menilai bahwa isu-isu yang paling penting bagi generasi muda menjelang pemilu adalah soal ketersediaan lapangan kerja. Sebaliknya, anak-anak muda kata dia tak akan suka dengan isu yang memecah belah dan menyebabkan polarisasi.

"Tapi kalau kita bicara mengenai isu-isu yang mempolarisasi, memecah-belah dan saling menjatuhkan ini, anak muda justru akan sangat disorientasi terhadap proses politik dan kontestasi demokrasi," kata Sandiaga dalam wawancara dengan Bloomberg Technoz baru-baru ini.

Sandi mengatakan, politik bagi generasi muda harus ditampilkan dengan asyik dan unik. Tak sebatas kontestasi melainkan harus ada kolaborasi. Artinya, setelah pertandingan politik maka harus kembali pada kesamaan visi membangun bangsa. Mantan cawapres di Pemilu 2019 yang sempat berdampingan dengan Prabowo Subianto menjelaskan keunikan Pemilu 2019.

Dia mengatakan, sekalipun pihaknya kalah dan kontestasi dimenangkan oleh Jokowi dan Ma'ruf Amin tetapi kemudian mereka bergabung dan ikut dalam kubu pemenang pemilu.

"Salah satu keunikan dari politik kita kan akhirnya terlihat di 2019 di mana dalam sebuah pertandingan di ujungnya itu akan ada persandingan jadi bertanding untuk bersanding, berkompetisi untuk berkolaborasi," kata dia lagi.