Logo Bloomberg Technoz

Impor Kereta Bekas Batal, Pemerintah Beli 3 Kereta Baru Jepang

Rezha Hadyan
23 June 2023 20:10

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Youtube)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Youtube)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tiga rangkaian kereta rel listrik (KRL) baru akan didatangkan dari Jepang untuk memenuhi kebutuhan PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan impor rangkaian KRL baru dilakukan lantaran impor rangkaian KRL bekas menyalahi aturan. Aturan yang dimaksud adalah Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 18/2021 tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor.

“Dari Jepang, jadi kita itu tidak impor barang bekas karena ada Permendag yang tidak memperbolehkan adanya impor barang bekas di atas 20 tahun,” katanya ketika ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Jakarta Pusat, Jumat (23/6/2023).

Sebagai catatan, sebelumnya KCI berencana untuk mengimpor 12 rangkaian KRL bekas dari Jepang. KRL yang akan diimpor adalah tipe E217 merupakan rangkaian kereta yang pertama kali diperkenalkan ke publik Jepang pada Desember 1994 atau usianya sudah lebih dari 20 tahun.

Selain mendatangkan tiga rangkaian KRL baru dari Negeri Matahari Terbit, Luhut mengungkapkan bahwa pemerintah sudah menyiapkan Rp9,3 triliun untuk pengadaan rangkaian KRL baru di PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA.