Logo Bloomberg Technoz

Boeing Proyeksi Penjualan Pesawat Jet Capai Rp120.000 T

News
18 June 2023 14:15

Ilustrasi pesawat Boeing 737 Max (dok. Bloomberg)
Ilustrasi pesawat Boeing 737 Max (dok. Bloomberg)

Julie Johnsson - Bloomberg News

Bloomberg  - Boeing Co. memperkirakan maskapai penerbangan di seluruh dunia akan menambah 42.595 jet senilai sekitar US$8 triliun atau Rp120.000 triliun (kurs US$1 = Rp1) selama dua dekade mendatang. Prediksi tersebut telah memperhitungkan kekhawatiran atas perubahan iklim memengaruhi cara masyarakat bepergian.

Penghitungan penjualan pesawat selama 20 tahun ke depan memperhitungkan pertumbuhan aktivisme atas emisi jet, kata Darren Hulst, wakil presiden pemasaran Boeing. Dia memperkirakan penurunan dalam penerbangan komersial yang lebih pendek dari 500 mil, karena pemerintah mendesak konsumen untuk beralih ke transportasi yang lebih ramah lingkungan seperti kereta api.

Kemampuan maskapai untuk meningkatkan lebih banyak penerbangan dan keuntungan dari pesawat mereka juga akan melemahkan penjualan. Boeing memperkirakan bahwa maskapai penerbangan akan menemukan cara untuk meningkatkan produktivitas sekitar 20% dari armada mereka dengan pindah ke pesawat besar, menambahkan pola tempat duduk yang lebih padat, dan membuat maskapai mengudara lebih lama setiap hari.

Namun, Boeing memperkirakan armada global akan berlipat ganda hingga tahun 2042, tumbuh lebih cepat sekitar 3,5% per tahun, dari perkiraan 2,6% untuk pertumbuhan ekonomi global tahunan. Airbus SE memperkirakan bahwa 40.850 jet baru akan memasuki pasar komersial selama rentang tersebut.