Logo Bloomberg Technoz

Bandara Soedirman Purbalingga Pangkas Jarak Umrah via Jakarta

Ezra Sihite
18 June 2023 06:20

Menhub Budi Karya Sumadi di Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga (Dok Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi di Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga (Dok Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) di Purbalingga bersiap untuk melayani penerbangan feeder umrah pada Agustus 2023 mendatang. Bandara ini akan menjadi feeder sehingga jemaah umrah yang akan terbang melalui Jakarta menuju Mekah bisa mempersingkat waktu yakni dari Purbalingga dan 5 kabupaten di Banyumas Raya. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau bandara tersebut pada Sabtu (17/6).

“Untuk umrah kami akan membuat suatu paket secara khusus dengan harga yang kompetitif. Perjalanan bisa lebih cepat naik pesawat dari Bandara JBS. Tidak sampai lebih dari 5 jam seperti sebelumnya jika lewat jalur darat,” ucap Menhub Budi sebagaimana rilis pers yang dikirimkan Kemenhub.

Purbalingga dan kawasan sekitarnya di Jawa Tengah bagian barat dan selatan memiliki jumlah penduduk yang cukup besar yaitu sekitar 5 sampai 7 juta yang berpotensi melakukan perjalanan biasa, bisnis, kedinasan, dan umrah. Oleh karena itu bandara feeder ini dianggap strategis.

“Kami memetakan mana yang selama ini belum baik untuk kita improve, agar mendapatkan traffic yang baik dan dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan pergerakan di bandara ini,” lanjut dia.

Dengan dibukanya penerbangan feeder untuk umrah dengan paket khusus, akan menggunakan pesawat dari Bandara JBS menuju ke Bandara Halim lalu menggunakan bus ke Bandara Soekarno Hatta.