Logo Bloomberg Technoz

SKK Migas Beberkan Calon Pembeli LNG Blok Masela, Siapa Saja?

Rezha Hadyan
14 June 2023 14:05

Pipa-pipa kapal tanker liquefied natural gas (LNG)/Bloomberg-Asim Hafeez
Pipa-pipa kapal tanker liquefied natural gas (LNG)/Bloomberg-Asim Hafeez

Bloomberg Technoz, Jakarta – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengungkapkan 40% gas alam cair atau liquified natural gas (LNG) yang dihasilkan dari Lapangan Abadi Blok Masela akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Terkait dengan hal itu, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menyebut sudah mengantongi beberapa nama calon pembeli LNG yang dihasilkan dari ladang gas di Kepulauan Tanimbar, Maluku itu. Beberapa di antaranya bahkan sudah menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG).

“Kalau PJBG sudah ada MoU, dari dalam negeri kira-kira 40%. Sudah diambil PT PLN [PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)], PT Pupuk Indonesia [Persero], PT PGN [PT Perusahaan Gas Negara Tbk.], dan ada juga dari Jepang kalau yang luar negeri,” katanya ketika ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa (13/6/2023).

Dwi berharap adanya kepastian calon pembeli akan memicu stimulus bagi penentu kelanjutan proyek pengembangan Lapangan Abadi Blok Masela. Dia optimistis calon pembeli LNG yang dihasilkan oleh ladang gas tersebut akan terus bertambah, khususnya dari luar negeri.

Market LNG sekarang cukup bagus. Kan yang terserap dari dalam negeri sudah 40%. Sementara itu, 60% pembeli lainnya dari luar negeri. Market LNG bagus karena LNG ini jadi [sumber] energi transisi. Berbeda dengan tahun-tahun lalu,” katanya.