Logo Bloomberg Technoz

Luhut Ungkap Alasan Pilih China Jadi Partner Industri Baterai

Krizia Putri Kinanti
14 June 2023 13:45

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Youtube)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Youtube)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut China memiliki peranan penting untuk Indonesia yang tengah gencar mengembangkan ekosistem industri baterai untuk kendaraan listrik.

Ia mengungkapkan meski banyak orang yang menilai buruk soal investor China yang masuk ke Indonesia, ia justru menyukai mereka karena negeri Tirai Bambu itu disebut tidak pelit untuk berbagi teknologi.

Ia juga kagum dengan perhatian pemerintah China yang mampu memberikan dukungan dana yang sangat besar untuk penelitian teknologi yang dijalankan oleh universitas.

"Teman saya dari AS bertanya, 'kenapa kamu pergi ke China?' saya bilang saya adalah orang yang pragmatis. Siapa yang bisa membagi teknologinya dan investasi ke Indonesia, kita akan ke sana," kata Luhut dalam acara Jakarta Geopolitical Forum yang diselenggarakan oleh Lemhannas, Rabu (14/6/2023).

Luhut mengatakan sejatinya Indonesia terbuka untuk bermitra dengan negara manapun, selama negara tersebut bisa membagikan teknologi dan mau berinvestasi di Indonesia, karena Indonesia terlalu kuat apabila hanya bersandar pada satu negara adidaya saja.