Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani mengaku bahwa Satgasi BLBI dibawah arahan Mahfud MD juga masih memiliki jumlah tagihan yang cukup signifikan terhadap pihak-pihak yang terafiliasi dengan Bank Yama, salah satunya keluarga Cendana. 

“Jadi berbagai adanya perhubungan di antara mereka ini lah yang menjadi fokus dari kita mengenai kewajiban negara. Jangan sampai negara yang sudah membiayai bail out dari bank-bank yang ditutup, dan sekarang masih dituntut lagi membayar berbagai pihak yang mungkin masih terafiliasi,” kata dia.

"Sementara BLBI kita sendiri saja belum sepenuhnya kembali. Kalau kita lihat sekarang baru tercapai Rp30 triliun dari target Rp110 triliun. Jadi ini sesuatu yang memang secara keuangan negara, buat kita adalah suatu yang perlu untuk kita pelajari betul secara teliti,” Sri Mulyani menambahkan.

Meski dirinya tetap menghormati proses hukum yang sedang berjalan atas penyelesaian kasus utang-piutang BLBI. Kasus ini akan menjadi pokok pembahasan dalam rapat Satgas BLBI mendatang, tegas Sri Mulyani.

Pemerintah dalam hal sangkutan utang-piutang, tidak berupaya untuk memperlama proses. Bahkan lewat arahan Presiden Jokowi, telah meminta Menteri Keuangan melunasi seluruh utang atau piutang negara kepada perusahaan swasta atau masyarakat. Hal ini tertuang dalam rapat internal Kabinet Indonesia Maju, 23 Mei 2022. 

(wep/evs)

No more pages