Logo Bloomberg Technoz

Filipina, terlepas dari tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi nyaris sepanjang satu dekade terakhir, masih berada di jajaran negara yang termiskin di kawasan. Dengan demikian, upaya menurunkan tingkat kelahiran — yang lebih dari dua kali lipat Korea Selatan — adalah strategi utama untuk memperbaiki metrik pembangunan.

Perubahan sikap seputar keluarga berencana terbukti menjadi tantangan besar di negara mayoritas Katolik itu. Tingkat kesuburan yang tinggi di negara tersebut ditengarai erat kaitannya dengan unsur agama dan budaya, dan juga lemahnya akses ke layanan kontrasepsi serta perawatan kesehatan.

“Sepertiga kesenjangan produksi antara Filipina dan rekan-rekannya yang kaya di Asia dapat dengan mudah dikaitkan dengan fakta bahwa kita belum memasuki bonus demografi,” kata Arsenio Balisacan, Sekretaris Otoritas Ekonomi dan Pembangunan Nasional.

Meskipun tenaga kerja yang lebih kecil mungkin menjadi masalah di negara kaya, Balisacan mengatakan para pejabat di Filipina memiliki uang untuk berinvestasi dalam teknologi dan pembangunan.

Di Filipina, kian banyak orang yang membebani sumber daya yang terbatas. Pemerintah telah menjadikan keluarga berencana sebagai salah satu prioritas anggaran terbesarnya tahun ini.

“Masalah paling mendasar adalah mengeluarkan orang miskin kita dari situasi mereka dan meningkatkan akses ke layanan sehingga semua orang terangkat,” katanya.

Tingkat kesuburan di Asia. (Dok. Bloomberg)

Putusan beragam tentang apa arti populasi yang menurun bagi dunia. Tingkat kesuburan berkurang karena pendapatan meningkat dan akses ke alat kontrasepsi meningkat, selain perubahan sikap di kalangan wanita tentang memiliki anak di kemudian hari, atau tidak sama sekali. 

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sekarang mengharapkan jumlah orang mencapai puncaknya pada 10,4 miliar pada 2100, penurunan dari perkiraan sebelumnya melebihi 11 miliar.

Bahkan, jika menyusutnya populasi baik untuk hal-hal seperti kelestarian lingkungan, demografi yang mulai memutih menghadirkan tantangan, termasuk meningkatnya biaya perawatan kesehatan dan pensiun. Tidak ada tesis yang lebih dapat diuji daripada di Asia, di mana penurunan tingkat kesuburan termasuk yang paling ekstrem.

Di Jepang, di mana tingkat kelahiran menurun selama bertahun-tahun, pemerintah mengumumkan langkah-langkah baru untuk meningkatkan angka kelahiran, dengan membuka jalan untuk menggandakan anggaran yang dihabiskan untuk anak-anak.

Di China, populasi menyusut tahun lalu untuk pertama kalinya sejak 1960-an, dan pejabat berkampanye untuk mengubah sikap puluhan tahun tentang ukuran keluarga.

Angka tersebut bahkan lebih mencolok di Korea Selatan, yang memiliki tingkat kesuburan terendah di dunia, yaitu 0,78 anak per wanita. Fokus pejabat beralih ke robot dan pesawat nirawak untuk mengisi kekosongan dalam perekrutan militer.

Ekonomi Filipina (Sumber: Bloomberg)
Filipina termasuk di antara segelintir tempat yang akan mencapai lebih dari setengah proyeksi peningkatan populasi global hingga 2050, menurut PBB.

Balisacan, yang juga seorang ekonom terkemuka Filipina, mengatakan Filipina harus memanfaatkan "titik manis demografis" di mana pertumbuhan populasi kurang dari tingkat pertumbuhan angkatan kerja. Negara tidak dapat mendorong produk domestik bruto kecuali pekerjaan berkualitas cukup diciptakan.

Dari sudut pandang itu, Balisacan mengatakan relatif mudah bagi pembuat kebijakan di negara kaya seperti Jepang untuk mengatasi penurunan tingkat kelahiran. Santai saja kebijakan imigrasi Anda, katanya. "Saya lebih suka memiliki masalah itu."

Ada beberapa tanda kemajuan. Tingkat kesuburan Filipina turun menjadi 1,9 anak per wanita pada 2022, menurut data awal pemerintah, meskipun sulit untuk mengukur dampak pembatasan terkait pandemi.

Angka itu turun dari 2,7 lima tahun sebelumnya — dan di bawah 2,1 biasanya dipandang sebagai tingkat di mana suatu populasi menggantikan dirinya sendiri dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Lisa Grace Bersales, Direktur Eksekutif Komisi Kependudukan dan Pembangunan Filipina, mengatakan di tengah harapan untuk memiliki bonus demografi, negara harus memperhatikan kualitas tenaga kerja, partisipasi perempuan dan kelompok minoritas lainnya, serta faktor lain yang cenderung menimbulkan ketidaksetaraan.

Komisi Kependudukan sedang mengerjakan rencana aksi lima tahun yang ditargetkan untuk rilis kuartal ini atau berikutnya, menurut Bersales. Selain menangani kebutuhan kesehatan reproduksi, rencana aksi tersebut akan membawa isu-isu seperti pendidikan, pekerjaan, migrasi dan perubahan iklim dalam pendekatan holistik demografis, katanya.

Keluarga berencana juga mengalami peningkatan setelah disahkannya undang-undang kesehatan reproduksi yang penting pada 2012. Undang-undang tersebut memperluas akses ke kontrasepsi, kontrol kesuburan, pendidikan seksual, dan perawatan ibu di Filipina.

Di Manila, ibu kota negara, Junice Melgar mengatakan lebih banyak perempuan di lingkungan yang lebih miskin sekarang mencari nasihat dari organisasinya.

“Kami menemukan ada kebutuhan yang besar,” kata Melgar, Direktur Eksekutif di Likhaan Center for Women’s Health Inc., sebuah kelompok nirlaba yang didirikan pada 1995. Sejak pandemi, katanya, ada “keributan terbuka” untuk informasi tentang kontrasepsi.

Meningkatnya kesadaran publik telah membuahkan hasil. Sekitar setengah dari wanita Filipina yang menikah saat ini tidak menginginkan anak tambahan, menurut badan statistik. Wanita di daerah perdesaan – di mana kontrasepsi biasanya kurang tersedia – memiliki tingkat kesuburan yang lebih tinggi sebesar 2,2 anak per wanita tahun lalu, dibandingkan dengan 1,7 di daerah perkotaan.

Pemerintah Marcos memberikan “kepentingan utama” kepada angkatan kerja mudanya dengan mengalokasikan dana untuk mempekerjakan lulusan untuk magang dan membantu mereka mencari pekerjaan, menurut Sekretaris Anggaran Amenah Pangandaman.

Dalam pidatonya di hadapan para investor di New York Stock Exchange pada September, Marcos menggarisbawahi dorongan itu dan menggembar-gemborkan kesiapan kaum muda untuk bekerja.

“Kami, saya percaya, adalah negara termuda di Asia,” katanya. “Dan dengan kian memutihnya negara-negara lain di kawasan ini, ini memberi kami keuntungan.”

--Dengan bantuan dari Suttinee Yuvejwattana.

(bbn)

No more pages