Logo Bloomberg Technoz

The Fed Lontar Sinyal akan Tahan Bunga Juni Ini

News
01 June 2023 07:00

Jerome Powell, Chairman US Federal Reserve (Bloomberg)
Jerome Powell, Chairman US Federal Reserve (Bloomberg)

Steve Mathhews - Bloomberg News - 

Bloomberg, Pejabat Federal Reserve melontar isyarat bahwa mereka akan mempertahankan suku bunga stabil di level saat ini pada Juni sembari tetap mempertahankan opsi kenaikan lebih lanjut dalam beberapa bulan mendatang, mengarahkan ekspektasi pasar menjelang laporan ketenagakerjaan.

Gubernur Philip Jefferson, seorang sentris yang dinominasikan untuk menjadi wakil ketua dan yang sering menggemakan pandangan Ketua Jerome Powell, mengatakan pada hari Rabu bahwa melewatkan kenaikan akan memberi waktu kepada pembuat kebijakan untuk menilai data tetapi tidak menghalangi pengetatan di masa depan.

Pandangan itu mengurangi pentingnya laporan pekerjaan bulanan, yang akan dirilis Jumat ini, yang sering dilihat oleh Wall Street sebagai titik data utama yang mempengaruhi kebijakan. Taruhan investor untuk kenaikan bunga acuan di Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) 13-14 Juni jatuh menjadi sekitar 35% Rabu dari hampir 60% sehari sebelumnya setelah Jefferson berbicara.

“Saya benar-benar berpikir ini adalah sinyal” dan “kemungkinan sepenuhnya selaras dengan pandangan Ketua Powell,” kata Rubeela Farooqi, kepala ekonom AS di High Frequency Economics. “Hanya tanggapan harga pasar yang memperjelas bahwa pesannya tersampaikan.”

Inflasi Amerika Serikat (Bloomberg)