Logo Bloomberg Technoz

Fed Sebut Perlu Ambil Langkah Lebih Lanjut Terkait Kenaikan Bunga

News
31 May 2023 13:40

The Fed (Sumber: Bloomberg)
The Fed (Sumber: Bloomberg)

Janine Phakdeetham - Bloomberg News - 

Bloomberg, Presiden Federal Reserve Bank of Cleveland Loretta Mester menilai bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve, mungkin perlu melanjutkan lebih lanjut kenaikan bunga acuan. Mester menyatakannya dalam sebuah wawancara dengan Financial Times.

"Saya tidak benar-benar melihat alasan yang kuat untuk berhenti [menaikkan bunga] - berarti menunggu sampai Anda mendapatkan lebih banyak bukti untuk memutuskan apa yang harus dilakukan," kata Mester.

  • Melihat lebih banyak kasus yang menarik untuk menaikkan bunga acuan dan kemudian bertahan sampai tidak terlalu yakin kemana arah ekonomi.
  • Kesepakatan batas utang yang dicapai selama akhir pekan menghilangkan "ketidakpastian besar tentang ekonomi"

Fed seharusnya hanya berhenti ketika risiko melakukan (kenaikan bunga) terlalu sedikit, sepadan dengan risiko melakukan kenaikan bunga acuan terlalu banyak, kata Mester.

Mester lebih lanjut menjelaskan, satu-satunya alasan melewatkan kenaikan bunga acuan di saat pengetatan moneter lebih lanjut jelas dibutuhkan adalah ketika (terjadi) volatilitas pasar yang kian ekstrem atau saat ada beberapa kejutan lain seperti gagal bayar utang AS.