Logo Bloomberg Technoz

FOMC telah menaikkan suku bunga sebesar 5 poin persentase dalam 14 bulan terakhir untuk mengekang inflasi yang berjalan lebih dari dua kali lipat dari target 2% mereka. Dengan suku bunga acuan mereka sekarang dalam kisaran target 5% hingga 5,25% menyusul kenaikan seperempat poin pada awal Mei, Powell mengatakan bahwa para pembuat kebijakan dapat memantau data dan prospek yang berkembang.

Kasus penangguhan kenaikan didasarkan pada gagasan bahwa kebijakan moneter bekerja dengan jeda waktu, sehingga dampak kenaikan suku bunga di masa lalu belum sepenuhnya membebani ekonomi dan pasar tenaga kerja. Selain itu, kegagalan bank baru-baru ini mengakibatkan kondisi keuangan yang lebih ketat yang akan mengurangi ketersediaan kredit dalam jumlah yang tidak pasti, yang semakin memperburuk prospek.

"Melewatkan kenaikan suku bunga pada pertemuan mendatang akan memungkinkan komite untuk melihat lebih banyak data sebelum membuat keputusan tentang sejauh mana penguatan kebijakan tambahan," kata Jefferson.

Di The Fed, wakil ketua sering berbicara atas nama bank sentral. Sementara Jefferson belum dikonfirmasi oleh Senat, para ekonom menganggap komentarnya mencerminkan komentar dari ketua Fed.

Pertumbuhan pasar tenaga kerja dan inflasi (Bloomberg)

Pernyataan Jefferson “tampak seperti kampanye,” kata Stephen Stanley, kepala ekonom AS di Santander US Capital Markets di New York. “Dia menjalankan peran barunya sebagai wingman dan wakil ketua Powell.”

Pesan itu digaungkan pada hari Rabu oleh Presiden Fed Philadelphia Patrick Harker, yang juga mendesak jeda bulan Juni sambil menekankan bahwa para pejabat malah dapat beralih untuk bergerak di setiap pertemuan lain jika mereka perlu terus memperketat.

Ada alasan bagus bagi The Fed untuk ingin keluar dari laporan pekerjaan yang berpotensi panas.

Data pemerintah pada hari Jumat diproyeksikan menunjukkan gaji di ekonomi terbesar dunia meningkat sebesar 195.000 pada bulan Mei, tetapi cetakan awal telah melampaui proyeksi median untuk tahun lalu. Penghasilan terlihat naik 0,3% dari bulan sebelumnya, ketika mereka membukukan kenaikan terbesar dalam setahun. Tingkat pengangguran diproyeksikan naik 0,1 poin persentase menjadi 3,5%.

Powell dan para pemimpin Fed lainnya mengatakan mereka ingin melihat ekonomi melambat ke kecepatan di bawah tren dan pasar kerja mendingin dari tingkat yang mereka anggap terlalu panas, dengan pengangguran mendekati level terendah multi-dekade.

Ketua mengatakan sementara harga barang telah menunjukkan peningkatan dan harga rumah tampaknya akan turun akhir tahun ini, harga jasa lainnya cenderung kaku dan terus meningkat dalam menghadapi pasar tenaga kerja yang terlalu panas.

Inflasi Amerika Serikat (Bloomberg)

Sementara Powell telah menyarankan "rasa sakit" akan diperlukan untuk mengurangi inflasi, beberapa pejabat - termasuk Gubernur Christopher Waller dan Presiden Fed Chicago Austan Goolsbee - berpendapat bahwa tidak banyak hubungan antara pasar tenaga kerja dan harga. Inflasi yang diukur dengan indeks harga konsumen turun menjadi 4,9% dari 9,1% Juni lalu dengan pasar kerja yang masih kuat.

“Reaksi pasar langsung terhadap angka gaji yang kuat tampaknya secara otomatis hawkish, tapi saya pikir ini terlalu sederhana,” kata Luke Tilley, kepala ekonom di Wilmington Trust Corp. “Kami telah melihat inflasi melambat secara signifikan bahkan dengan upah masih berjalan sedikit lebih panas daripada tingkat pra-pandemi. Ini dapat dan harus mengarahkan FOMC untuk mengevaluasi kembali pandangan mereka tentang hubungan antara keduanya.”

Jeda apa pun kemungkinan akan menemui beberapa penolakan karena beberapa presiden Fed, termasuk Loretta Mester dari Cleveland dan James Bullard dari St. Louis, yang menyarankan ada lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mendinginkan ekonomi yang kuat dan inflasi yang meningkat. Pelacak produk domestik bruto Fed Atlanta mengatakan bahwa pertumbuhan kuartal kedua hingga saat ini dilacak pada tingkat sekitar 1,9%.

Posisi Hawkish

"Dengan belanja konsumen yang kuat, pasar tenaga kerja tetap ketat dan inflasi terus memanas, hanya ada sedikit amunisi untuk melawan posisi hawkish saat ini," kata James Knightley, kepala ekonom internasional di ING.

The Fed memiliki opsi untuk mengikuti jeda dengan potensi kenaikan pada pertemuan berikutnya di bulan Juli atau September untuk memberikan waktu untuk menilai dampak kegagalan bank baru-baru ini terhadap kondisi kredit dan kenaikan suku bunga di masa lalu terhadap perekonomian.

Dalam upaya untuk mendapatkan dukungan dari pemilih hawkish, FOMC dapat menyoroti bias pengetatan dalam pernyataan pasca-pertemuan atau dalam "plot titik" untuk bagaimana para pejabat melihat jalur suku bunga, yang menunjukkan median sebesar 5,1% pada bulan Maret.

The Fed juga akan mendapatkan laporan harga konsumen untuk bulan Mei pada hari pertama pertemuan dua harinya. Sementara para ekonom melihat laporan inflasi mungkin lebih penting daripada pekerjaan untuk kebijakan Fed, keterlambatan laporan dapat membuat komite enggan mengubah rencana sebelumnya berdasarkan satu titik data yang belum mereka pelajari secara mendetail.

"Ketua Powell dan pejabat Fed lainnya peka terhadap efek kebijakan yang tertunda dan kumulatif setelah pengetatan 500 basis poin," kata Farooqi. "Kasus dasar kami tetap bahwa Fed akan berbuat salah di sisi kehati-hatian dan mempertahankan kebijakan tetap stabil pada pertemuan berikutnya."

--Dengan bantuan dari Vince Golle dan Matthew Boesler.

(bbn)

No more pages