Logo Bloomberg Technoz

Daftar Investor Bertambah, Arab Saudi Bakal Ikut Bangun IKN

Rezha Hadyan
30 May 2023 16:10

Bendera Arab Saudi berkibar di kota Buraidah, Arab Saudi (Tasneem Alsultan/Bloomberg)
Bendera Arab Saudi berkibar di kota Buraidah, Arab Saudi (Tasneem Alsultan/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengutarakan investor Arab Saudi akan ikut menanamkan modalnya di megaproyek Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama dengan pemodal dari negara-negara lainnya yang sudah terlebih dahulu menyatakan kesiapannya.

Bahlil menyebut dirinya sudah berbicara dengan Menteri Investasi Arab Saudi Khalid A. Al-Falih terkait dengan rencana investasi Negeri Petro Dollar di IKN. Mereka menyatakan kesiapannya untuk ikut membangun dan mengembangkan ibukota negara baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu.

“Kemarin kami sudah bicara dengan Menteri Investasi Arab Saudi. Mereka berminat masuk ke IKN. [Investasi] tahap pertamanya itu adalah properti, infrastruktur, dan program lain untuk pembangunan kota,” katanya ketika ditemui di Hotel St. Regis, Jakarta Selatan,   Selasa (30/5/2023).

Sayangnya, Bahlil enggan menjelaskan berapa nilai investasi yang kemungkinan digelontorkan oleh investor Arab Saudi di IKN. Demikian halnya dengan jumlah investor yang sudah menyatakan kesiapannya.

Apa yang disampaikan oleh Bahlil merupakan jawaban dari keinginan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang disampaikan beberapa waktu lalu. Dia ingin investasi Arab Saudi ke Indonesia bisa kembali meningkat setelah mengalami penurunan selama tiga tahun berturut-turut.